Friday, May 4, 2007

one for all

wus baru saja sebuah kendaraan menyalip dari sebelah kananku. sudah gerimis, harus cepat ke kantor, eh kena ciprat air kotor jalanan gara-gara ulah pengendara motor ugal-ugalan. masih kuingat jelas plat nomornya, maksudku kalau nanti pas aku di samping kanan dia dan lagi hujan biar kucipratin sekalian, he he he. baru saja berpikir, wus sebuah sepeda motor lain merek melakukan hal sama. nah, yang bikin aku bingung kok plat nomornya sama persis.

itu hanya tulisan rekaan, aku sendiri tak pernah memperhatikan apakah ada plat nomor kendaraan yang sama untuk pemilik dan jenis kendaraan berbeda. apa yang tak mungkin di batam? sekadar tahu, batam punya kantor samsat baru dengan teknologi online (katanya sih ngadopsi dari sidoarjom jawa timur). jelas lebih bagus.

berita nggak bagusnya? ealah, ternyata dari hasil pengecekan di samsat banyak kendaraan bermotor memiliki nomor polisi yang sama. barang curian? eit, belum tentu. usut punya usut rupanya itu hasil kerja orang-orang samsat lama yang seenaknya sendiri membuat nomor polisi kendaraan-kendaraan bermotor baru. lha yang beli jelas nggak protes lha wong nggak tahu, toh dalam hati juga bilang gini, masak sih plat nomorku nanti sama?

nah, sejak pakai sistem online ini pemilik kendaraan bermotor yang akan membayar pajak was-was. saat aku di kantor samsat, wajah-wajah pemilik kendaraan bermotor yang nomor polisinya sama menunjukkan raut kecut, marah, jengkel dan sebagainya campur aduk. protes ke dealer, orang dealer bilang itu urusan samsat. nanya samsat, jawabannya itu peninggalan seniornya (sejumlah pegawai samsat dibui karena nggangsir duit negara).

kok bisa, ya...

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007