Thursday, May 10, 2007

adakah orang dalam yang anda kenal?

aku menginjakkan kaki ke batam tahun 2000 lalu. begitu datang, sudah terbayang "mudahnya" mencari pekerjaan. karena yang terdekat dengan rumah liarku kawasan industri mukakuning, keesokan paginya langsung kutenteng sejumlah lamaran.

wow, ratusan pejalan kaki mengitari kawasan industri dengan puluhan perusahaan ini. tujuanya satu, mencari pekerjaan. sekali jalan, bisa memasukkan lebih dari satu lamaran. dalam seminggu, ada 3 perusahaan yang memanggilku, kutahu karena namaku terpampang di pintu masuk dekat pos satpam perusahaan bersangkutan.

semua pertanyaan di pt pertama kuanggap wajar, kecuali satu, yakni "adakah orang dalam yang anda kenal"? jujur saja, kucari di buku referensi pun tak akan ada. lha wong baru sehari datang. kemarin, tepatnya 6 tahun lebih aku di batam. di perusahaan ke-2 dan 3, lho kok ada pertanyaan serupa. busyet....iseng-iseng aku main ke cc community center) di mukakuning, tempat mangkalnya ratusan pencari kerja yang berharap ada lowongan ditempel lalu rebutan masukkan lamaran. nanya sejumlah pencaker, ternyata pertanyaan seperti itu masih abadi.

pertanyaan itu bagi sebagian pencaker (yah 99,9 persenlah) masih dianggap ampuh untuk memastikan ia bakal diterima atau terdepak. orang dalam tentu saja tak semua masuk di dalamnya. jangan-jangan pencaker hanya kenal penjaga kantin dalam pt, atau cleaning servicenya, ya sami mawon mas. paling tidak ya kerjanya di office (sekali lagi bukan cleaning service office).

jika jawaban kita nggak ada, paling-paling dikatakan lagi oleh pewawancara kita seperti ini "ya udah, tunggu tiga hari lagi ya pengumumannya". tiga hari datang? percuma, buang-buang duit.....

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007