Saturday, April 14, 2007

hujan, berkah atau musibah?

pertanyaan seputar hujan di batam akan mendapatkan dua jawaban, berkah atau musibah. berkah bagi mereka yang selama ini tinggal di kawasan yang tak pernah tersentuh banjir dan selalu kepanasan setiap hari. anak-anak mereka bisa bertelanjang dada bermain di bawah hujan sambil bernyanyi riang.

musibah, tak perlu aku tuliskan di sini alasannya. 2 jam saja, ya cuma 2 jam hujan akan menimbulkan musibah. banjir. tanah longsor. banjir sudah bukan barang langka lagi di batam. apalagi hujan deras lebih 2 jam, jalan-jalan berganti genangan air, buruh pabrik punya alasan untuk mengatupkan sarungnya, tak masuk kerja. semangat tetap kerja sih ada, tetapi kalau angkutan umum yang membawa mereka ke pt memilih untuk tak nambang, tak ada pilihan selain terpaksa meliburkan diri.

ada kawasan pemukiman yang menjadi langganan banjir. tengoklah wajah mereka jika hujan mulai turun, resah, khawatir dan was-was.

sedangkan longsor, kadang-kadang terdengar juga. bahkan pernah ada sebuah kawasan perumahan yang tanahnya jeblok karena tak mampu menahan arus air hujan. bohong kalau orang bilang dari pesawat batam itu hijau menghampar. yang benar tanahnya gundul karena kerakusan segelintir orang yang tak peduli pentingnya hijau. yang penting duit masuk kantong dari proyek pt, perumahan, ruko atau pengalihfungsian hutan yang lain.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007