Wednesday, May 30, 2007

siak

sejak dua minggu lalu pemko batam meluncurkan program baru dalam pembuatan kartu keluarga (kk) dan kartu tanda penduduk (ktp). namanya siak kependekan dari sistem informasi administrasi kepegawaian. banyak bedanya dengan cara pembuatan ktp lama.

- pertama, fotonya kudu di kantor kecamatan. nggak bisa lagi bawa foto dari rumah, apalagi pakai scan terus diprint sendiri.
- kedua, prosesnya agak lama karena berkas kudu dipelototin dulu sama petugas di dinas kependudukan, baru balik lagi ke kecamatan. jadi mendingan tinggal dulu, nanya jadinya kapan daripada pede bisa jadi satu jam lalu nunggu di kursi tamu di kecamatan.
- pengisian formnya lebih banyak, kalau ada kotak isian yang nggak terisi jangan kecewa kalau tiba-tiba komputer nolak, beda dengan ktp sebelumnya nggak pakai isian-isian form yang begitu njlimet.
- keempat, jika nanti punya ktp sistem siak ini, ya jadilah orang yang nrimo, cuman bisa punya satu ktp. habis di dinas kependudukan data kita udah masuk, nama rt kita masuk, nama lurah kita masuk (orang-orang yang identitasnya dipertanyakan bisa berkurang kali, ya...)
- orang-orang kecamatan jadi lebih cepat marah, habis warga banyak nanya kok gini, gitu dan sebagainya.

semoga persamaan kepengurusan nggak ada lagi, artinya nggak ada lagi warga nyogok dengan harapan ktp-nya jadi lebih cepat. soalnya kalau masih diterapkan, ya buat apa diganti-ganti bajunya kalau dalamannya tetap sama.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007