Friday, August 31, 2007

jadilah guru juga

hidup guru, begitulah mbak ria, sahabat maya saya mengakhiri komentar singkatnya di blog ini. ah guru, pahlawan tanpa tanda jasa. jujur saja, tujuh atau sepuluh tahun lalu paling malas generasi mudanya berangan-angan menjadi guru. pun saya.

tetapi ini batam, bung! pulau yang diseting pak habibie menjadi kota industri, hingga tak terpikir jumlah anak usia sekolah melonjak drastis, tak sebanding dengan jumlah sekolah yang sekuat tenaga dibangun pemerintah. jangan heran jika dibuka smk negeri, tetapi gedungnya masih numpang. kalau tak salah smk negeri 3 masih numpang di smp negeri 16.

pemerintah tersadar (semoga), guru diburu. hampir setiap penerimaan pns, guru menjadi prioritas. kalau tak salah juga, dalam waktu sekat Pemprov mencari guru tak tetap yang bakal disebar di sekolah-sekolah yang membutuhkan. minat untuk menjadi guru juga meningkat (maaf, menurut pengamatan saya). selain memang belum banyak pesaing, pemerintah juga memanjakannya. pemkot batam misalnya, mengeluarkan insentif tiap bulan, ada juga thr menjelang lebaran. pemerintah provinsi pun tak mau ketinggalan, memberikan penghargaan yang sama.

ssst, ada juga yang unik. entah kalau sekarang memang seperti ini semua (soalnya sewaktu saya sekolah tak seperti ini), saat pembagian rapor orangtua siswa biasa menyalami guru anaknya dengan amplop di tangan. ada cerita nyata teman saya, mendapatkan uang hasil terima kasih orangtua siswanya yang jumlahnya hampir menyamai umk batam 2007. padahal dia guru honorer di sebuah sd negeri.

tetapi jangan lantas menganggap ingin menjadi guru di batam hanya mengharapkan insentif dan naik kelas setiap tiga bulan sekali biar salaman amplop tadi sering diterima. banyak yang memang ingin mengabdikan diri sebagai pendidik, kalau toh sebagai bentuk terima kasih pemerintah terhadap jasa guru lalu memberikan insentif, tak ada yang salah, kan?

jujur saja, kalau tahu begini saya kemarin masuk IKIP atau FKIP saja. hidup guru dan orang-orang yang ingin menjadi guru, bahkan sekadar membayangkan seandainya menjadi guru! bayangkan, di kota sesemrawut batam masih bisa digugu dan ditiru anak didik, siapa tak bangga!!!

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007