Friday, November 16, 2007

awas pulaunya berkurang

anda tahu mengapa saya menampilkan foto ini? sewaktu kapal dari tanjungpinang melambat karena hendak merapat di pelabuhan punggur, saya menghadap ke arah kiri. oh ya, saya lagi menikmati udara di bagian belakang kapal. saya bersyukur masih memiliki pulau yang hijau di bagian atasnya. tetapi saya juga sedih melihat tanah pulau itu juga sudah mulai digerus entah untuk keperluan apa. kalau anda merasakan sepenuh hati, pasti pemandangan pulau yang saya sendiri tak tahu namanya itu tak lagi menarik.

sayang, saya juga termasuk orang yang hanya suka mengambil foto asal-asalan lalu bikin tulisan asal-asalan. coba saya pemerhati lingkungan, pasti dari awal sudah mengambil gabar pulau ini sewaktu masih menghijau dibandingkan dengan kondisi saat ini. saya tanya penumpang kapal lain, mereka menjawab tak tahu. saya mencoba mencari jawabannya sendiri. tetapi yang saya dengar tiba-tiba suara agak keras, "mana ktp anda?"

rupanya tak sadar saya sudah memasuki pelabuhan dan melewati petugas perdaduk. saya lupa menunjukkan ktp saya sehingga ditanya. marahkah saya, tidak, justru saya tersenyum sambil berkata, "ah, saya orang pinang kok mas, mau main ke batam." sudahlah, tak ditanya lagi. hmmm, seandainya ada pendatang baru masuk ke batam lewat tanjungpinang apakah juga bisa santai melanggang masuk hanya dengan jawaban seperti itu. padahal sumpah, saya tak mengantongi ktp di dompet saya.

kalau itu yang terjadi, terbalik dengan apa kata saya tadi. memang pulaunya semakin berkurang, tetapi bertambah juga seorang warga tanpa identitas.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007