Friday, July 25, 2008

jagoan berseragam sekolah

bisakah anda menebak siapa salah satu jagoan di kota ini? menurut saya, pelajar perlu dikategorikan di dalamnya. khususnya pelajar smp atau sma. paling tidak jika dibandingkan dengan masa lalu saya saat masih duduk di sma. iri juga sih sebenarnya, he he he.

yang saya lihat setiap hari, betapa tenangnya pelajar bersepeda motor di batam ini. padahal, dari dua jiwa yang ada di atas roda hanya satu yang melengkapi benda penyelamat bernama helm. tentu saja benda ini dikenakan si pengemudi. yang duduk di boncengan, seperti biasa berhelmkan rambut asli. soalnya kalau rambut palsu sudah pasti terbang kebawa angin saat gas ditarik kencang-kencang.

sumpah, saat saya sma mboncengin teman tanpa helm harus melewati jalan-jalan tikus atau gang-gang kecil di kota saya yang juga kecil. itu juga kadang sial, kepergok polisi yang awalnya juga tak sengaja mencari sasaran. padahal saya waktu sma paling benci mengenakan helm, soalnya rambut sudah ditata dari rumah. bayangin, hebis dikrukup helm dandanan rambut pasti berubah kerepes, padahal ada adik kelas yang tengah diincar. (buat alumni smansa pasti yang membaca dan merasa, maafkan saya ya..., kita memang pernah mencoba tetapi yang serba maha menentukannya).

zaman dulu, kalau ketangkap sih sudah tak terhitung. sebenarnya sih perlu juga mengajari tertib berlalu lintas dari bangku sekolah. memang tak akan ada pelajaran mengenakan helm di sekolah, toh pelajar lebih tahu pentingnya benda tersebut. kan tak harus juga pelajar di kota ini diajak menyaksikan secara langsung bagaimana kepala pengendara sepeda motor terbelah dan pecah karena kecelakaan akibat tak mengenakan helm. paling tidak, helm menjadi peralatan wajib yang harus dipenuhi setiap pengendara sepeda motor di jalanan.

kalau saya menjadi polisi, ah saya tangkapi saja mereka. wong aturan juga membenarkan tindakan saya kok, tanpa helm di atas sepeda motor yang melaju di jalan raya adalah salah. maaf, bukan untuk saya mintai duit tetapi peringatan agar esok hari tak mengulanginya lagi. sebagai polisi saya akan berpikir, pelajar adalah generasi penerus bangsa. kalau mereka saja tak mau menghormati peraturan, yang menegakkan peraturan, bagaimana nanti memegang tongkat estafet yang akhirnya menentukan mau dibawa kemana negeri ini.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007