Friday, August 1, 2008

cerita sedih seorang guru honor

namanya sebut saja oemar bakrie, wajah yang biasanya cerah hari itu terlihat mendung. penyebabnya satu, insentif provinsi sebesar satu juta rupiah tak ada di rekeningnya. kata dia, insentif provinsi biasanya diberikan setengah tahun sekali sebesar rp1,5 juta. tetapi untuk insentif kali ini sudah dicairkan untuk empat bulan. padahal, beberapa hari sebelumnya ada acara penyerahan secara simbolis insentif untuk guru oleh seorang pejabat di stadion temenggung abdul jamal.

yang membuat oemar bakrie tak habis tahu, ketika mendatangi dinas pendidikan kota batam dia dijelaskan tak bisa lagi diotak-atik namanya agar mendapatkan insentif itu. sudahlah pusing ia bertambah pusing dengan pendataan yang ada. soalnya, saat namanya tak tercantum di data dinas pendidikan kota batam sebagai penerima insentif provinsi kali ini, justru nama rekannya yang sekarang sudah pindah ke jawa dan telah diangkat sebagai pns di daerahnya yang tertera sebagai salah satu penerima insentif.

teringat jelas di benak oemar bakrie yang mengajar di sekolah swasta ini. untuk tertib administrasi, sekolahnya mengirimkan data siapa saja nama guru penerima insentif. jelas-jelas nama si kawan yang sudah tak mengajar lagi di sekolahnya karena pulang kampung tak diajukan. beres, nama si kawan tak ada lagi dan oemar bakrie kita pun menerima insentif. itu terjadi sebelum insentif kali ini. "coba pikirkan, semester kemarin saya dapat. kok sekarang tak dapat, malah yang keluar nama kawan yang sudah pindah ke jawa," keluh pahlawan tanpa tanda jasa ini.

saya yang diajak berkeluh kesah hanya bisa berdoa, tuhan berikan derajat yang tinggi untuk para guru di tanah ini. dan semoga apa yang dialami murni kealpaan petugas yang mengurus insentif, bukan karena ada maksud tertentu. saya juga tak bisa menjawab ketika oemar bakrie ini bertanya lagi, "kalau yang tercantum nama kawan yang sudah pindah, apakah uangnya itu dikembalikan ke provinsi atau diambil orang lain, ya?.

demi tuhan, saya masih saja terdiam.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007