Tuesday, August 19, 2008

kunjungan kerja & studi banding

dua hari menjelang 17 agustus kemarin, saya kebetulan berjumpa dengan kawan yang bekerja di sebuah perusahaan terkenal di batam. meski tak saya sebutkan jabatannya, yang pasti kawan saya ini kerap sekali dilibatkan saat pimpinannya menerima kunjungan pejabat atau tamu kehormatan lainnya. dan sebuah pengakuan mengalir darinya.

"saya heran dengan ulah pejabat negeri ini," ia mulai membuka percakapan.
"soal korupsi?" tanya saya.
"bukan cuma korupsi. memang sih tidak semuanya, tetapi perilaku yang beberapa itu kadang membuat saya begitu mudah menyimpulkan barangkali kebanyakan atau semuanya seperti itu."
"soal apa, nih?"
"entah berapa kali kami kecewa. sebagai tuan rumah tempat kunjungan kerja atau studi banding, kami tentu menyiapkan semuanya. ruang pertemuan, makanan, sudah pasti tak ketinggalan. suatu saat, sesuai surat serta konfirmasi ulang yang kami terima dari rombongan dewan daerah a, hari itu mereka studi banding ke sini. memang mereka datang, namun ruang rapat tak jadi dipakai. kata humasnya sih buru-buru. okelah, kita antar menengok subyek studi banding. saya pikir sih akan banyak pertanyaan tentang subyek tadi, sehingga mereka memiliki oleh-oleh untuk dipraktikkan di daerahnya jika memang apa yang kami miliki di sini bisa difungsikan di daerahnya. baru saja tiba, lha kok tiba-tiba ponselnya berdering dan segera pimpinan rombongan mengatakan tak bisa lama-lama karena kawannya sudah menunggu untuk menyeberang ke singapura. tentu saja setelah ia meminta fotografer yang dibawanya mengambil banyak-banyak foto yang membuktikan memang rombongan sampai ke batam dan meninjau lokasi subyek studi banding."

begitulah teman saya, kesal. "jadi buktinya ya foto tadi, digunakan untuk mendapatkan anggaran jalan-jalan," teman saya melanjutkan.

rupanya masih ada cerita lagi. ini yang membuat teman saya dan sejumlah temannya tertawa meski ditahan. ceritanya baru-baru ini datang kunjungan sebuah komisi wakil rakyat. biasanya, pimpinan rombongan menyebutkan nama siapa yang datang satu per satu serta jabatannya. "eh yang kemarin lain, memang nama diperkenalkan tetapi kemudian dia menyebutkan juga asal partai politik yang dijadikan kendaraannya menuju kursi dewan. aneh-aneh saja, mumpung musim kampanye," begitu teman saya berkata sambil geleng-gelang kepala.

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007