Friday, November 16, 2007

pahlawan tanpa tanda jasa

terpujilah wahai engkau ibu bapak guru, namamu akan selalu hidup dalam sanubariku, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa ... saya ingat betul lagu itu. kebetulan juga bapak ibu di kampung sama berprofesi sebagai guru. dapat istri juga seorang guru, wah lengkap.

inginnya sih jadi guru juga, tetapi kata istri tak akan betah muridnya karena konon saya ini pemalas. tetapi jujur saja, mereka memang pantas disebut pahlawan. guru di manapun ia berada selalu dibutuhkan, juga di batam. bukan mengajari buruh-buruh pt yang kadang lebih pintar dari gurunya, tetapi mengabdi untuk warga pinggiran. maklum di wilayah ini memang begitu banyak pulau yang harus diperhatikan. soal pendidikan, tentu tak dapat disepelekan.

beberapa waktu lalu pemprov kepri membuka pendaftaran guru tidak tetap (gtt) untuk atau ditempatkan di sejulah wilayah pinggiran yang buruh sentuhan lebut tangan pahlawan tanpa tanda jasa. begitu iklan dibuka di koran, tak butuh waktu lama bagi panitia mengumpulkan pelamar. kalau tak salah ada 90-an guru dibutuhkan. singkat cerita usailah program ini, pak dan bu guru gtt menjalankan kewajibannya di pulau-pulau.

sungguh, belumk genap juga pengabdian itu dirasakan bocah-bocah pulau yang kadang sekolah tanpa alas kaki, kabarnya beberapa guru mulai malas. alasannya, tak betah di lokasi yang jauh dari keramaian. saya percaya, kalau pulau di sekitar batam atau di wilayah kepri banyak yang katrok, ndeso, bukan lagi kampungan tetapi kampuuuung banget. saya bertanya kepada teman, bukankah sebelum meneken kontrak guru-guru berjanji bersedia ditempatkan di mana pun sesuai kebutuhan?

saya hanya jadi takut jika suatu hari nanti anak saya minta diajari lagu pahlawan tanpa tanda jasa jadi tak sedap nadanya. soalnya mungkin ada kata yang harus dibuang atau diganti agar para gtt tadi merasa betah, selain alasan jauuuuuh tempatnya (baca insentif). cuma ada kodok dan padang ilalang. mungkin kata tanpa dalam kalimat pahlawan tanpa tanda jasa yang harus diganti. tetapi maaf, saya belum menemukan kata yang cocok, apakah dengan atau butuh. coba saya nyanyikan dalam hati, engkau patriot pahlawan bangsa penuh tanda jasa, nah benar kan jadi kurang nyaman di telinga. maaf, telinga saya jadi gatal...

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007