Friday, May 16, 2008

dicari: pemasok lilin

apa yang paling dicari warga batam saat ini? bisa jadi lilin. karena hampir setiap hari ada penggiliran pemadaman listrik. jangan senewen bila tengah asyik-asyiknya mengunduh lagu di internet tiba-tiba pet... jangan marah-marah kalau perkakas elektronik anda kok nggak normal lagi. simpan saja amarah itu, memang beginilah batam.

aku tak tahu di kota sana, apakah warganya sudah mempersiapkan diri dengan genset pribadi atau lampu penyimpan energi sehingga nggak perlu lagi kelabakan saat listrik mati. yang jelas, warga yang tinggal di kawasan permukiman sederhana sepertiku pasti kelabakan. ditambah lagi belum bisa disiplin meletakkan korek api, jadi tahu sendiri. kadang nabrak kursi, meja atau daun pintu ketika yakin korek api di atas anu atau di bawah anu tetapi ternyata tak ada. jika listrik mak pet, satu saja yang terdengar dariku juga tetangga kanan-kiri.... lilin. lihatlah senyum bude padagang kelontong di depan rumahku. pagi-pagi sekali ia sumringah karena lilin dagangannya habis. gimana nggak habis kalau mati lampunya bukan cuma menitan tetapi jam-jaman. berapa sih daya tahan sebatang lilin itu?

nah ini bocoran buat siapa saja yang berjiwa bisnis, bagaimana kalau anda menjadi pemasok lilin ke batam saja? tetapi mohon jangan membuka gerai di tempatku karena sudah ada budhe. cari saja lahan lain, di batam kebanyakan warganya tinggal di rumah sederhana sepertiku kok. percayalah. bahkan yang tinggal di rumah liar juga nggak kalah banyak. lumayan, kan?

No comments:

ya beginilah template pemberian | Elque 2007